A. DESKRIPSI MATA KULIAH
Dalam mata kuliah ini akan dikaji konsep dasar tentang filsafat ilmu, kedudukan, fokus, cakupan, tujuan dan fungsinya serta kaitannya dengan MKK dan MKBS. Berikutnya dibahas pula tentang karakteristik filsafat, ilmu dan pendidikan serta jalinan fungsional antara ilmu, filsafat dan agama. Selanjutnya dibahas mengenal sistematika, permasalahan, keragaman pendekatan dan paradigma (pola pikir) dalam pengkajian dan pengembangan ilmu dan dimensi ontologis, epistomologis dan aksiologis. Selanjutnya dikaji mengenai makna, implikasi dan implementasi filsafat ilmu sebagai landasan dalam rangka pengembangan keilmuan dan kependidikan dengan penggunaan alternatif metodologi penelitian, baik pendekatan kuantitatif dan kualitatif, maupun perpaduan kedua-duanya.
B. TUJUAN UMUM PERKULIAHAN
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan peserta pendidikan memiliki kemampuan:
1. Memahami konsep dasar filsafat ilmu, kedudukan, fokus, cakupan, tujuan dan fungsinya untuk dapat dijadikan landasan pemikiran, perencanaan dan pengembangan ilmu dan pendidikan secara akademik dan profesional.
2. Mampu memahami filsafat ilmu untuk mengembangkan diri sebagai ilmuwan maupun sebagai pendidik dengan penggunaan alternatif metodologi penelitian, baik pendekatan kuantitatif dan kualitatif maupun perpaduan kedua-duanya dalam konsentrasi bidang studi yang menjadi minat utamanya.
3. Mampu menerapkan filsafat ilmu sebagai dasar pemikiran, perencanaan dan pengembangan khususnya landasan keilmuan dan landasan pendidikan yang dijiwai nilai-nilai ajaran agama dan nilai-nilai luhur budaya masyarakat Indonesia yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara serta umat manusia dalam pemahaman dan perkembangan lingkungan dinamika global.
C. GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PERKULIAHAN/POKOK BAHASAN
I. PENGERTIAN FILSAFAT
1. Arti istilah dan rumusan filsafat
2. Obyek studi dan metode filsafat
3. Bidang kajian filsafat: Ontologi, Epistomologi, dan Aksiologi
4. Aliran/Mazhab dalam filsafat
5. Cabang-cabang filsafat
6. Jalinan. Ilmu, filsafat dan agama.
II. PENGERTIAN FILSAFAT ILMU
1. Arti istilah definisi filsafat ilmu
2. Cakupan dan permasalahan filsafat ilmu
3. Berbagai pendekatan filsafat ilmu
4. Sejarah dan Perkembangan filsafat ilmu
5. Fungsi dan arah filsafat ilmu
III. SUBSTANSI FILSAFAT ILMU 1. Kenyataan atau fakta
2. Kebenaran
3. Konfirmasi
4. Logika Inferensi
5. Telaah konstruksi teori
IV. DIMENSI KAJIAN FILSAFAT ILMU
1. Dimensi Ontologis
2. Dimensi Epistomologis
3. Dimensi Aksiologis
V. PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN TEORI
1. Pengembangan teori dan alternatif metodologinya. 2. Etika dalam Pengembangan Ilmu dan Teknologi
3. Jalinan fungsional Agama, Filsafat dan Ilmu.
4. Implikasi dan Implementasi Filsafat Ilmu dalam pengembangan
Keilmuan dan Kependidikan.
D. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah, tanya jawab/dialog-kreatif, diskusi/lokakarya/seminar
- Penguasaan terstruktur: penulisan makalah atau laporan kajian buku.
- Studi kasus, studi banding dan laporan kajian serta implementasi atau pengembangan.
E. EVALUASI:
Akumulasi dan proporsi kehadiran, makalah, laporan kajian buku, diskusi/seminar, ujian tengah semester dan ujian akhir semester.
F. KEPUSTAKAAN
Achmad Sanusi (1998), Filsafat Ilmu, Teori Keilmuan dan Metode Penelitian,
-------------------(1999), Titik Balik Paradigma Ilmu : Implikasinya Bagi Pendidikan, Orasi limiah Pada Wisuda UHAMKA tanggal 31 Juli 1999,
Branner, Julia. (2002), Memadu Met ode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Samarinda: Pustaka Pelajar.
Capra, Fritjop, (1998), Titik Balik Peradaban: Sains Masyarakat dan Kebangkitan .Kebudayaan, Terjemahan M. Thoyibi,
Conny R. Semiawan, dkk. (1988), Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu,
Endang Saefuddin Anshari, (1982), Ilmu, Filsafat dan Agama,
Himsworth, Harold (1997), Pengetahuan Keilmuan dan Pemikiran Filosofi, (Terjemahan Achmad Bimadja, Ph.D),
Ismaun, (2002), Filsafat Ilmu, Materi Kuliah,
Jammer, Max (1999), Einsten and Religion: Physics and Theology,
Kuhn, Thomas S, (2000), The Structure of Scientific Revolution: Peran Paradigma dalam Revolusi Sains, Terjemahan Tjun Surjaman,
Noeng Muhadjir, (1996), Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Iii,
--------------------, (1998), Filsafat Ilmu: Telaah Sistematis, Fungsional Komparatif, Yogyakarta: Rake Sarasin.
Redja Mudyahardjo, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar,
Sidi Gazalba, (1973), Sistematika Filsafat,
Sudarto (1997), Metodologi Penelitian Filsafat,
Titus, Harold. H, (1959), Living Issues in Philosophy: An Introductory Book of
Zuhairini dkk. (1995), Filsafat Pendidikan Islam,
1 komentar:
Saya tertarik dgn tulisan mengenai Dexa Medica....sebelumnya sy mau menginformasikan bahwa sy salah seorang karyawan di perusahaan Dexa medika yg sekarang juga lagi kuliah di Pasca sarjana UIT Makassar.
Apakah kita bisa saling kenal...
Posting Komentar