Senin, 26 Januari 2009

Dibalik sukses PPs Universitas Indonesia Timur (UIT) Sistem Kuliah Blok Time,Siapkan Penginapan



Edisi Selasa: Kuota Mencukupi, Langsung Kuliah Perdana

PENGANTAR: UIT, sebutan paling akrab Universitas Indonesia Timur patut berbangga. Gelar sebagai universitas swasta peringkat pertama di Indonesia penerima mahasiswa baru terbesar tahun akademik 2006/2007, bukan hal yang mudah. Selain itu, UIT juga sukses dengan dengan Program Pasca Sarjananya, berikut Ujungpandang Ekspres menilik lebih dekat bagaimana kesuksesan itu diraih.
PERTAMA DARI TIGA TULISAN

Sistem Kuliah Blok Time, Siapkan Penginapan
Laporan; Arifuddin Kunu

Berbekal SK Mendiknas RI Nomor:1520/D/T/2007, pihak pengelola (Yayasan), lalu membuka program pasca sarjana (PPs) yang di luar dugaan, mendapat respon positif berbagai kalangan.
Salah satu keunggulan Program Pasca Sarjana (PPS) Universitas Indonesia Timur (UIT) yakni dengan menawarkan sistem kuliah blok time yang ditentukan waktunya. Untuk mendukung program tersebut, pihak pengelola (yayasan) melengkapi fasilitas perkuliahan dengan menyiapkan penginapan yang menyatu dengan kampus untuk memudahkan mahasiswa selama menjalani perkuliahan.
Direktur Program Pasca Sarjana, Universitas Indonesia Timur (UIT), Prof Dr Wahyuddin Hamid MSi mengatakan, program blok time sebenarnya diperuntukkan bagi kalangan PNS atau mereka yang telah bekerja dengan sistem perkuliahan yang fleksibel.
"Konsep blok time, memberikan kuliah selama 10 hari (siang malam) pada awal dan akhir semester," katanya, kepada Upeks, Selasa (23/9) lalu di kantornya.
Menurut Prof Wahyuddin, dengan konsep seperti itu, para peserta yang kebanyakan adalah PNS, dapat menyesuaikan waktu perkuliahan dengan pekerjaan mereka. Setelah menerima perkuliahan selama 10 hari pertama, ujarnya, peserta bisa kembali melanjutkan aktivitas di instansi tempat mereka bekerja, sebelum menerima pekuliahan di masa akhir semester.
Untuk menunjang proses pekuliahan para peserta yang kebanyakan berasal dari luar kota, pihak pengelola dan yayasan menyiapkan penginapan yang letaknya menyatu dengan gedung perkuliahan, Jl. Rappocini Raya No.212B.
Program Pasca Sarjana, Universitas Indonesia Timur (UIT) sendiri, membuka tiga program studi, masing-masing, Magister Administrasi Pemerintahan Daerah, Magister Ilmu Hukum, dan Magister Manajemen. Dari ketiga program studi, Magister Administrasi Pemerintahan Daerah merupakan program studi pertama di Kawasan Timur Indonesia. Sedangkan untuk Program Pasca Sarjana sendiri, telah terakreditasi dengan nilai B. "PPS ini dibuka, sebagai antisipasi terhadap pemenuhan SDM yang handal di daerah. Terlebih di era otonomi daerah sekarang ini," tambah Prof Wahyuddin.
Tak heran, lanjut Doktor Sosiologi jebolan Universitas Padjajaran ini, pihaknya menjalin kerjasama dengan beberapa pemerintah daerah (Pemda) yang ada di provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.
"Meski kerjasama secara formal belum ada, pendekatan-pendekatan informal di beberapa daerah sudah kami lakukan," ujarnya.

Tidak ada komentar: